Hal Kecil Bisa Saja Jadi Masalah

      Berdasarkan pengalaman saya, sebuah hal kecil mampu membuat masalah.  Coba kita bandingkan masalah kecil itu dengan sebuah kertas. Kenapa dengan kertas?

  1. Kertas itu benda yang mudah rusak
  2. Kertas itu memiliki banyak kegunaan
  3. Kertas itu putih bersih
'Kan itu sudah pada dasarnya? mari saya jelaskan satu persatu :)
  • Pertama ::
Kertas itu mudah rusak, begitu juga dengan pertemanan mudah rusak. Hal yang menyinggung itu bisa saja menjadi masalah yang berlarut-larut. Apalagi jika yang tersinggung itu adalah wanita atau perempuan, masalah sangat panjang dan bisa tak terselesai jika tak ada jalan keluar di antara kedua bela pihak. Di sini muncullah sifat egois yang berlebihan. :)


  • Kedua ::
Kertas itu memiliki banyak kegunaan, teman juga memiliki banyak 'kegunaan', dalam tanda kutip bahwa teman itu bisa selalu membantu dalam segala hal, tapi teman juga harus meminta bantuan sesuai dengan keadaan. Jika teman tak bisa jangan dipaksa. Begitu juga kertas yang terlalu ditekan dengan alat tulis bisa robek atau bocor.
  • Ketiga ::
Kertas itu putih bersih, di sini adalah hal paling sulit. Seharusnya seorang teman itu harus saling menutupi kekurangan sehingga seperti kertas yang putih. Jika itu terjadi, yakinlah itu adalah sebuah persahabatan yang abadi :)

Dari semua penjelasan di atas bisa kita simpulkan, bahwa hal kecil yang membuat masalah itu sebetulnya hanya sebesar kertas, jika kita mampu menerapkan ketiga kegunaan kertas, apa lagi yang ketiga, hidup akan damai, tanpa ada masalah yang menambah beban ke kehidupan kita :)

Persahabatan bukan tentang siapa yang datang lebih dulu, bukan tentang siapa yang sudah lama anda kenal. Tapi, persahabatan adalah mereka yang datang & tak pernah pergi!

Post a Comment