Pahami dan Selesaikan

Source: Kolekasi Penulis
Gufkun Online -- Pernahkan Anda merasa dicuekin? Tak dianggap? Tak dihargai? Tak bisa diharagi sama sekali, mari kita bahas bersama. Saya akan memberi sedikit saran yang bagi saya cukup bagus menurut saya -_-"

Pertama, kita harus melihat posisi kita ada di mana. Posisi kita sudah benar atau memang sudah salah dari awal. Jika memang sudah salah dari awal, berarti bukan mereka yang tidak menghargai Anda, tapi Anda yang tidak menghargai keberadaan mereka. Tapi, kalau dari awal kita sudah benar, berarti mereka yang tidak menghargai Anda/kita.




Sampai detik ini, kadang saya juga merasa tidak dihargai, dalam artian selalu dicampakkan. Saya merasa bahwa saya telah melakukan hal yang baik, tapi pada kenyataannya mereka menganggap saya salah dan selalu salah.

Kedua, bagaimana cara terbaik kita mengatasi hal tersebut. Hal yang paling sering saya lakukan adalah mencoba untuk lebih sopan. Misalnya dalam dialeg orang Bulukumba sehari-hari seperti ini contohnya.

"Lagi apako?" kita ubah menjadi "Lagi apaki?" ya semacam itu, terdengar menggelikan ketika pada dasarnya kita tidak pernah selembut itu :3
Lalu, bagaimana kalau kita dianggap menjado orang lain? Coba renungkan, kita bukan menjadi orang lain, tetapi kita menjadi pribadi yang lebih baik. Tak selamanya bertindak lembut itu, kita sedang berusaha menjadi orang lain, tidak begitu.

Ketiga, cukup tersenyum saja. Kenapa? Senyum mempunyai sedikit ilmu magis yang tak tau kenapa sangat membuat orang terpikat. Saya pernah sekali "tidak sengaja" tersenyum kepada seorang perempuan saat akan memarkir motor, dia membalas, dan jam-jam berikutnya di kelas tak ada masalah sedikitpun yang terjadi dengan saya.

Berarti intinya senyuman itu bisa membuat kita lebih enjoy. Setiap ada masalah, kita tidak usah khawatir. Kita cukup tersenyum dan percaya dan juga berusaha bahwa kita mampu untuk menyelesaikan masalah itu.

Ketiga, diam. Diam adalah emas. Kita cukup diam dan menjadi pemaham yang baik. Kita tak usah memaksakan untuk bergabung dengan mereka yang tidak menghargai kita. Kita masih lebih baik dari mereka yang sama sekali tidak menghargai keberadaan kita sedangkan kita berusaha untuk menjadi ada didalam hidup mereka.

Jangan pernah berpikiran kalau kita itu dijauhi karena pada dasarnya kitalah yang menjauh -- Gufkun


Post a Comment