Motivasi

Source: Koleksi Penulis
Kegagalan adalah hasil dari ketidakpercayaan diri kita kepada diri kita sendiri. Di saat kita mulai tak percaya dengan diri kita, kita akan selalu merasa kita adalah beban bagi semua orang. Hal seperti itulah, yang mendorong seseorang untuk menjauh dari kehidupan sosialnya sebagai manusia sosial. Kadang, setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri itu. Di antara mereka ada yang sering ikut berbagai organisasi yang membuatnya menjadi lebih aktif dan menjadi manusia sosial diorganisasinya. Mereka juga biasa merasa ragu atau pun canggung untuk memulai sebuah percakapan tentang sesuatu. 

Sebagai manusia sosial, kita juga harus membantu mereka yang merasakan hal seperti itu. Contohnya kita dapat memulai pembicaraan dengannya, meskipun dia merasa malu-malu atau canggung, coba buat mereka lebih tenang bersama Anda. Menjadi motivator untuk orang lain cukup sulit, bukan cukup sulit sih, tapi ada kalanya kita harus memotivasi diri kita sendiri. Bukan bertujuan untuk sombong kalau kita hebat beretorika atau pun beradu pengetahuan, kita dipaksa untuk membuat orang lain lebih baik.

Jika melihat seorang yang lebih tua kita pasti akan merasa sangat canggung. Terkadang kita diabaikan atau seperti tak ada di hadapan mereka. Bukan masalah, mereka mengajari kita tentang "mental" di mana kita diajari bagaimana cara memperkuat hati sehingga terus kuat melawan apa yang sebelumnnya tak mampu untuk kita lakukan. Belum lagi, tak pernah  dianggap sebagai teman atau apalah, saya pernah menjelaskan bagaimana saya memposisikan seseorang.

Saya pernah berkata seperti ini, "Meskipun saya tak bisa dianggap sebagai teman, tetapi jika saya merasa dia cukup layak, saya akan menganggapnya sebagai teman mau pun sahabat, tak ada salahnya melakukan itu, selama kita tetap suka di posisi kita sekarang."

 Jadi, seburuk apapun lingkungan sosial yang kalian hadapi, kalian harus memiliki motivasi untuk mengubah lingkungan itu. Jangan pernah mencoba menjadi orang lain untuk mengubah lingkungan itu. Kita hidup bukan untuk mengeluh, kita hidup untuk berusaha.

Terima kasih | @Gufkun | Gufran Algifari

Post a Comment